Mitra Donasi Dakwah

Foto Saya
Yogyakarta, D.I.Yogyakarta, Indonesia
Salurkan Zakat Infaq dan Shodaqoh anda melalui LAZISMU BATURETNO, Insya Allah akan bermanfaat untuk Santunan Anak Yatim, Santunan Dhu'afa', Santunan Pendidikan, Anak asuh, Pemeriksaan Gratis, Mobil Layanan Masyarakat, Pendampingan Usaha, dll, kontak kami di 02746609939,081805266770. Rekening Bank Syariah Mandiri Yogyakarta No. 7044479499 a.n. Yanu Milanti atau BMT Banguntapan No. Rek. 111000258. Sekarang sedang bekerjasama dengan Ranting 'Aisyiyah Baturetno mendirikan PAUD 'Aisyiyah Ceria.

Manajemen Organisasi

Skema paling sederhana sebuah gerakan dapat digambarkan seperti segitiga berikut :

TUJUAN








PENGGERAK GERAKAN

Sebuah gerakan yang kuat selalu ditopang oleh banyak tiang, yaitu :
1. Ideologi/nilai dan paradigma berfikir yang disepakati bersama. Ini adalah pikiran-pikiran mendasar tentang Tuhan, manusia, alam, hidup dan kehidupan. Inilah landasan sebuah organisasi membangun tujuannya

2. Sumber daya manusia yang berkualitas. SDM inilah yang dalam bagan berada pada posisi penggerak. SDM diletakkan khusus karena merupakan faktor penentu bagi yang lain. SDM berkualitas adalah SDM yang memiliki kompetensi substantif (aqidah yang lurus, akhlaq mulia, wawasan luas, dst) dan kompetensi metodologis (kemampuan-kemampuan keorganisasian, seperti komunikasi, manajemen kegiatan, dll). SDM harus senantiasa dikembangkan dan dijaga mutunya.

KADERISASI

Ideologi, nilai, politik, ekonomi, sosial, budaya, dll



Input Output



Tujuan, metode, teknik, pelatih (pendidik), alat (media), kurikulum

3. Supra Struktur yang kuat dan mendukung
Supra Struktur ada yang mendefinisikan sebagai konsep nilai yang menjadi landasan adanya gerakan tersebut. Ada juga yang mendefinisikan sebagai berbagai bangunan ideologi negara, keadaan sosial-politik dan ekonomi makro di mana gerakan ini berdiri. Supra struktur yang yang mendukung adalah yang kondusif bagi tumbuh-berkembangnya gerakan yang bersangkutan.

4. Struktur organisasi yang kuat. Struktur organisasi adalah relasi-relasi koordinatif dalam sebuah organisasi. Struktur yang kuat ditandai dengan efektifnya struktur tersebut sebagai mesin gerakan, masing-masing fungsi dapat berjalan optimal, sinergis dalam menuju tujuan gerakan. Struktur yang demikian dapat diperoleh melalui :
a. Perencanaan yang matang
b. Kepemimpinan yang efektif
c. Manajemen yang baik
d. Komunikasi yang terbuka (menumbuhkan kepercayaan, kejujuran, penerimaan, komitmen, loyalitas, dll)
e. Kerjasama tim yang solid

5. Infrastruktur yang lengkap
Infrastruktur adalah perangkat-perangkat (alat-alat) yang secara kongkrit dapat dilihat dan dijadikan acuan. Infrastruktur ini dibuat sesuai dengan tingkat kebutuhan. contohnya :
a. Metodologi gerakan
b. Rumusan sistem kederisasi
c. Rumusan Sistem dakwah
d. Rumusan sistem konsolidasi pimpinan, kader, anggota, simpatisan dan massa
e. Data base organisasi
f. Media komunikasi (media masa, elektronik)
g. Simbol-simbol organisasi (bendera, lambang, lagu, dll)

LANGKAH KONKRIT :
1. Memantapkan orientasi organisasi (tujuan)
2. Lakukan SWOT
3. Buat perencanaan baru
 Struktur organisasi
 Infrastruktur organisasi
 Manajemen SDM
 Manajemen Isu
3. Menjaga konsistensi dengan komitmen, evaluasi dan kepemimpinan yang kuat

Tidak ada komentar: